Laman

  • Home
  • About me
  • My Books
  • My Bussines
  • Lovely Hafidz
  • Lovely Nabila

Selasa, 13 November 2012

Resep Garang Asam Ayam



Oleh :Shinta Rini

28 October 2011, saya pertama kali membuat ”Garang Asam Ayam” untuk menu harian catering saya. Resep ini saya dapatkan dari seorang kenalan di Facebook, mbak Niluh Yuni. Awal perkenalan saya dengan mbak Niluh yaitu saat saya suka main games online ‘Farmville‘ di Facebook. Akhirnya sering ngobrol dan tuker-tukeran resep masakan dech..Alhamdulillah resep dari mbak niluh ini memang mantap..Menariknya daun pisang pembungkus masakan ini saya dapat dari temen Keputrian yang sengaja memetik daun pisang ini di halaman masjid Al-Fattah Busan. Sulit mendapatkan daun pisang di Busan. Pohon pisang di halaman masjid ini tidaklah besar, namun cukup lebat daunnya. Saat musim dingin (winter), pohon pisang ini akan ‘mati suri’ dan kembali bertunas saat musim spring tiba hehehe..


Resep Garang Asam Ayam (Niluh Yuni Ratna Puri)

Bahan-bahan :
1 ekor ayam (besarnya sedang) potong jadi 12 (tanpa
kepala dan ceker)
1500 cc santan sedang
garam
daun pisang

Bumbu iris :

6 butir bawang merah iris tipis
5 siung bawang putih iris tipis
5 cabe merah besar potong serong
5 cabe hijau besar potong serong
cabe rawit (kalau suka)
12 potong kunyit (1/2 X 1/2 cm)
daun salam
12 iris tipis lengkuas
20 buah blimbing sayur iris 1 cm

Cara membuat :
1. Campurkan garam pada santan, aduk sampai rata, jangan lupa di cicipi, rasa harus rada asin, agar bisa meresap ke ayam.
2. taruh pada daun, bumbu iris, sepotong ayam, tuangi
santan, bungkus dan sematkan dengan lidi.
3. kukus selama 30 menit.

Catatan :
Supaya tidak bocor, di antara 2 lembar daun pisang, di lapisi selembar plastik tahan panas. sehingga jika daun pecah, kuahnya nggak tumpah.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...