Laman

  • Home
  • About me
  • My Books
  • My Bussines
  • Lovely Hafidz
  • Lovely Nabila

Senin, 17 Desember 2012

Daftar Produk Halal, Haram, dan Syubhat di Korea Selatan


Oleh : Shinta Rini

Salah satu restauran Halal Turki di sebelah masjid Al-Fattah Busan
         
       Saya sering mendapatkan pertanyaan yang dialamatkan di blog saya "rumahshintazahaf" atau email mengenai makanan halal yang dapat dikonsumsi saat berkunjung ke Korea Selatan. Dari blog tersebut, saya banyak berkenalan dengan teman-teman baru yang sedang berkunjung atau akan merantau ke negeri ginseng. Saking banyaknya permintaan, saya terpikir untuk membuat tulisan khusus yang memuat info-info tentang makanan Halal dan Haram di Korea Selatan.

    Tulisan ini memang bukan panduan mutlak dalam menetapkan makanan halal dan haram. Hal ini dikarenakan beberapa produk barang di Korea Selatan secara berkala dan tanpa pemberitahuan sebelumnya mengganti bahan makanan dalam komposisinya. Ada baiknya memang harus rajin dan selalu mengecek terlebih dahulu sebelum membeli dan mengonsumsi produk-produk tersebut ya. Daftar makanan yang saya peroleh berasal dari Korea Muslim Federation (KMF), Amir Korea, grup Facebook Muslimah Indonesia Korea dan grup musliminkorea di yahoo. Sebelumnya saya akan membagikan bahan-bahan halal dan haram yang terdapat di dalam produk makanan dan minuman di Korea Selatan. Semoga info yang saya bagikan dapat sedikit membantu kesulitan teman-teman yang mencari produk makanan halal di Korea Selatan ya.

Informasi terbaru :

Sering bergantinya komposisi makanan dan minuman di produk-produk Korea tanpa pemberitahuan langsung membuat informasi yang ada di blog saya tidak bisa dikatakan valid secara terus menerus. Ada baiknya selalu mengecek seluruh komposisi, tempat pembuatan pabrik yang bersih dari bahan haram ( bisa dilihat di belakang kemasan produk) dan mencari informasi terpercaya setiap saat sebelum membeli produk-produk makanan dan minuman di Korea. 

Berikut ini saya sarankan untuk mengikuti perkembangan informasi terbaru seputar produk-produk Halal di Korea melalui link-link berikut ini : 

1. Fans Page / community " Halal in  Korea", merupakan komunitas yang aktif memberikan informasi makanan Halal, Haram dan Syubhat di Korea. Page ini dikelola bersama teman-teman Muslim Student Association in Korea (MSAK). Silahkan mengunjungi FP ini melalui link  : Halal in Korea

2. Fans Page / community " Halal Korea", merupakan komunitas yang aktif memberikan informasi seputar produk-produk makanan dan minuman Halal di Korea. Page ini dikelola bersama teman-teman IMUSKA ( Indonesia Muslim Student in Korea) dan AMIR ( Aspiring Malaysia Rijjal) yang sedang studi di Korea. Silahkan mengunjungi FP ini melalui link  : Halal Korea

3. Grup tertutup " Halal Food Hunters Korea", merupakan grup tertutup yang saya kelola atas inisiatif pribadi untuk mengumpulkan informasi, berbagi informasi, tempat diskusi seputar produk makanan dan minuman Halal, Haram dan Syubhat di Korea. Grup ini dikhususkan untuk teman-teman yang tinggal di Korea dimana sering mengalami kesulitan mencari produk Halal. Bagi teman-teman Muslim Indonesia dan Malaysia yang berada di Korea bisa bergabung di grup ini melalui link  : Grup Halal Food Hunters Korea

Allah berfirman : “Hai orang-orang yang beriman, makanlah di antara rezeki yang baik-baik yang Kami berikan kepadamu dan bersyukurlah kepada Allah, jika benar-benar hanya kepada-Nya kamu menyembah.” (QS. Al-Baqarah : 17). “Hai sekalian manusia, makanlah yang halal lagi baik dari apa yang terdapat di bumi.” (QS. Al-Baqarah : 168). “Menyuruh mereka mengerjakan yang makruf dan melarang mereka dari mengerjakan yang mungkar dan menghalalkan bagi mereka segala yang baik dan mengharamkan bagi mereka segala yang buruk.” (TQS. Al-A’raf : 157)


An-Nu'man bin Basyir berkata, "Saya mendengar Rasulullah saw. bersabda, 'Yang halal itu jelas dan yang haram itu jelas, dan di antara keduanya terdapat hal-hal musyabbihat (syubhat / samar, tidak jelas halal-haramnya), yang tidak diketahui oleh kebanyakan manusia. Barangsiapa yang menjaga hal-hal musyabbihat, maka ia telah membersihkan kehormatan dan agamanya. Dan, barangsiapa yang terjerumus dalam syubhat, maka ia seperti penggembala di sekitar tanah larangan, hampir-hampir ia terjerumus ke dalamnya. Ketahuilah bahwa setiap raja mempunyai tanah larangan, dan ketahuilah sesungguhnya tanah larangan Allah adalah hal-hal yang diharamkan-Nya. Ketahuilah bahwa di dalam tubuh ada sekerat daging. Apabila daging itu baik, maka seluruh tubuh itu baik; dan apabila sekerat daging itu rusak, maka seluruh tubuh itu pun rusak. Ketahuilah, dia itu adalah hati.'" (HR. Bukhori)


Mengenal Komposisi Bahan-bahan makanan dan minuman di Korea :

Lecithin (레시틴)

Kalau di bungkusannya ada tulisan레시틴aja atau diberi keterangan 동물성유지 (dongmulseong yuji), maka status makanan tersebut adalah haram karena berasal dari hewan. Jika terdapat tulisan레시틴yang diikuti dengan keterangan seperti 레시틴 (대두), 쏘야 레시틴 (ssoya lecithin) ataupun 레시틴 식물성유지 (letichin sikmulseong yuji) maka status makan tersebut adalah halal karena bersumber dari tumbuh-tumbuhan.

Shortening (쇼트닝)

Kalau di bungkusannya ada tulisan 쇼트닝 aja atau diberi keterangan 동물성유지(dongmulseong yuji), maka status makanan tersebut adalah haram karena berasal dari hewan. Jika terdapat tulisan쇼트닝 yang diikuti dengan keterangan seperti 쇼트닝(대두) ataupun쇼트닝 식물성유지 (shortening sikmulseong yuji) maka status makan tersebut adalah halal karena bersumber dari tumbuh-tumbuhan.

Gelatin (젤라틴)

Coklat di Korea umumnya mengandung gelatin. Gelatin di Korea bersumber dari bahan binatang/yang tidak halal. Jadi lebih baik dihindari.

Daging babi (돼지고기)

Mungkin kita nggak pernah berfikir bahwa makanan kecil semacam keripik kentang mengandung daging babi atau disebut 돼지고기 (dwaejigogi). Tetapi pada kenyataannya, di Korea, hampir sebagian besar makanan ringan semacam kerupuk mengandung daging babi (돼지고기) seperti yang tercantum dalam label kemasannya. Jadi, periksalah kandungan makanan tersebut dalam kemasan.

Mie instan

Sebagai turis, merupakan hal yang wajar jika seseorang berfikir bahwa mi instan adalah makanan yang paling praktis. Seperti waktu kita berlibur ke puncak, males ngeluarin kocek besar, dingin-dingin enakan makan sebungkus mi instan. Namun, untuk mi instan yang ada diKorea, hampir sebagian besar mi instant mengandung daging babi (돼지고기). Jadi, perlu diperhatikan ketika membeli mi instant karena hanya ada beberapa jenis mi instant yang tidak mengandung komponen dari daging babi (돼지고기).



Sebaiknya dihindari (Haram atau Syubhat/meragukan)

베이컨 : bacon/dagingbabi
라드:lard/babi
젤라틴(동물성): gelatin dari hewani
쇼트닝(동물성):  shortening dari hewani
레시틴:lecithin (tanpa tambahan kata 대두/식물성berarti dari hewani)
레닛:rennet (tanpa tambahan kata 대두/식물성berarti dari hewani)
수지tallow/ lemak hewani
돼지고기:pork/babi
햄:ham (daging babi olahan)
마시멜로: marshmallow (tanpa tambahan kata 대두/식물성berartidari hewani)
레닌:rennin dari hewani
글리세리드:glyceride (tanpa tambahan kata 대두/식물성berarti dari hewani)
글리세롤: glycerol (tanpa tambahan kata 대두/식물성berartidari hewani)
소시지atau 순대: sausage (sosis dari hewani)
돈피:  hogleather/pig skin (kulit babi)
주정:alcohol / ethanol
포도주(wine) biasanya sufiks 주 iniartinya alkohol(술)
육(daging)
돈지[donji] : daging babi
소고기[sogogi] : daging sapi
쇠고기[soegogi] : daging sapi
비프[bipe] : daging sapi
닭고기[dakgogi] : ayam
 치킨[chikin] : ayam
육수[yuksu]: air kaldu hewani (kalau ada tambahan멸치berarti dari ikan teri)



Aman dan boleh dikonsumsi
분말[bunmal] : powder/ tepung
효모[hyomo]: (yeast/ragi)
육수[멸치] : air kaldu dari ikan teri

육수 [해물] : air kaldu dari seafood
경화유[kyonghwayu] : hardened[hydrogenated]oil)
 식초[sikcho] : (cuka)

팜유[phamyu] : minyak kelapa sawit
 펙틴[phektin] : pectin (segolongan polimer heterosakarida yangdiperoleh dari dinding sel tumbuhan darat)

물엿[mulyot] (starch syrup, sirup gula daribiji-bijian)
레시틴 (대두/식물성) lesitin (kedelai/tumbuhan)
쇼트닝 (대두/식물성) shortening dari kedelai dan tumbuhan






























Berikut ini daftar Keju yang Halal dan aman dikonsumsi :


Keju Halal Bega dari Australia


Keju Mozarellah Halal, tersedia di Gmarket


Keju berlabel HALAL merek Bega




Keju berlabel Halal Mainland



Berikut ini saya lampirkan info ramyeon sayur yang awalnya Halal karena mendapat sertifikat Halal langsung dari Masjid Gimpo dan Organisasi Islam KMI (Korea Muslim Indonesia). Namun sertifikat Halal hanya berlaku sampai 9 Febuary dan pabrik tidak memperpanjang sertifikat Halal dan menggunakan bahan haram di ramyeon sayur yang sebelumnya Halal. Pabrik juga membuat logo palsu sendiri dan membuat ramyeon varian daging dan kimchi yang menggunakan bahan haram. Disamping itu pabrik juga membuat ramyeon berbahan babi di tempat yang sama. Pihak Masjid Gimpo kemudian membuat surat pemberitahuan tertulis agar tidak ada pembeli yang tertipu dengan logo Halal palsu yang dibuat Pabrik ramyeon demi mengejar keuntungan materi saja.




Surat Pemberitahuan resmi dari Imam Masjid Gimpo terkait logo Halal Palsu yang digunakan pabrik ramyeon


Ini adalah ramyeon Halal yang mendapat sertifikat Halal resmi dari KMI (Korea Muslim Indonesia)


Perbandingan Halal Ramyeon ( berlogo Halal KMF) dan Haram Ramyeon ( bergambar daging)

Shin Ramyeon berlogo Halal dari KMF

Daftar Campuran Makanan dan Minuman Halal :

































Berikut ini daftar makanan dan produk kosmetik yang sudah dikonfirmasi oleh teman-teman muslimah Indonesia di Korea Selatan (grup FB Muslimah Indonesia- Korea).Silahkan kunjungi muslimahkorea disini. Semoga infonya bermanfaat..^_^


Donat menggunakan gelatin Babi = Haram dikonsumsi

Donat menggunakan gelatin Babi = Haram dikonsumsi






Merk: Mister Donut

Keterangan dari produsen:

Produsen menyatakan bahwa shortening yang terkandung dalam donat berasal dari nabati. akan tetapi ada beberapa donut yang menggunakan gelatin yg berasal dari babi. Sebelum membeli produknya, mereka menyarankan untuk mengecek kandungan yg terdapat dalam donat tersebut di /http://misterdonut.gsretail.com/

menu--> 도넛-->klik donut yang dimaksud--> klik 자세히보기




Merk: Ottogi

Produk: Margarin

Kandungan: 유화제 식물성 유지( 팜유류=minyak kelapa sawit)

Keterangan dari produsen: tidak ada kandungan binatang pada produk ini

Status: insya Allah aman (Halal)

Merk: Tous Le Jours dan Paris BaquetteProduk: Roti dan Cake

Keterangan dari produsen:

Kecuali roti yang mengandung ham dan kroket, produk lain secara langsung tidak mengandung babi. Selain itu, untuk shortening, butter, margarin, untuk membuat roti juga sudah teruji bahwa tidak ada kandungan babi di dalamnya. Hanya saja, untuk bahan pendukung pembuatan shortening, butter, dan margarinnya sangat sulit untuk diketahui kandungannya secara detail. Dari pihak CJ Food selaku produsen Tous Le Jours menerangkan bahwa tidak ada kandungan babi pada pembuatan produknya. Namun, dikarenakan pembuatan roti dan cake itu sendiri berlangsung di tiap cabang TLJ, maka bisa saja ada gerai yang menggunakan bahan-bahan yang mengandung babi. Oleh karena itu, mereka menganjurkan agar konsumen dapat lebih berhati-hati dan teliti bila ingin mengonsumsi produk mereka.

Hal yang senada juga diungkapkan via telepon oleh pihak Paris Baquette Korea. Mereka menyatakan tidak dapat menjamin 100% bahan-bahan yang digunakan untuk membuat roti bebas dari kandungan babi. Akan tetapi mereka menyatakan secara halus bahwa pihaknya sulit mengecek kandungan detail dari margarin, emulsifier karena mereka pun membeli dari pihak lain.Status: Syubhat



Merk: Etude House

Produk: BB Cream

Keterangan dari produsen (Amore Pasific):

BB Cream yang memiliki kandungan binatang adalah Moistfull Collagen BB Cream dan Total Age Repair BB Cream. Adapun produk-produk tersebut mengandung Hydrolyzed Marine Collagen (dari sisik ikan) dan Royal Jelly. Produk Etude lainnya yang mengandung kolagen juga berasal dari sisik ikan kecuali yang ada keterangan penyerta.

Status: insya Allah aman (Halal)

Merk: Etude House

Produk: Be Clear Cleansing Foam

Keterangan dari produsen: Terdapat animal-derived ingredients (beeswax). Berdasarkan situs http://special.worldofislam.info/Food/numbers.html , beeswax termasuk bahan yang halal untuk dikonsumsi.

Status: insya Allah aman (Halal)

Merk: Median

Produk: Pasta Gigi

Keterangan dari produsen (Amore Pasific): tidak terdapat animal-derived ingredients

Status: insya Allah aman (Halal)

Merk: Happy Bath


Produk: Body Oil (fruit essences)

Keterangan dari produsen (Amore Pasific): tidak terdapat animal-derived ingredients

Status: insya Allah aman (Halal)


Merk: The Skin Food

Produk: Quinoa Rich Body Milk

Keterangan dari produsen: animal-derived ingredients tanpa dijelaskan detail jenis binatangnya

Status: Syubhat

Merk: Missha

Produk: Safe Block SPF 45

Keterangan dari produsen: tidak terdapat animal-derived ingredients

Status: insya Allah aman (Halal)



Merk: MisshaProduk: Ginger Relaxing Foot&Heel Cream

Keterangan dari produsen: tidak terdapat animal-derived ingredients

Status: insya Allah aman (Halal)


Merk: Missha

Produk: Cotton White Shower Gel

Keterangan dari produsen: tidak terdapat animal-derived ingredients

Status: insya Allah aman (Halal)



Merk: PanteneProduk: Shampoo & Rinse

Keterangan dari produsen: tidak terdapat animal-derived ingredients

Status: insya Allah aman (Halal)


Merk: The Face ShopProduk: White Secret Body WashKeterangan dari produsen: tidak terdapat animal-derived ingredients

Status: insya Allah aman (Halal)



Merk: The Face ShopProduk: The SmimKeterangan dari produsen: tidak terdapat animal-derived ingredients pada seluruh produk The Face Shop yang bermerk 'The Smim'

Status: insya Allah aman (Halal)


Merk: The Face Shop

Produk: Arsainte Eco-TherapyKeterangan dari produsen: tidak terdapat animal-derived ingredients pada seluruh produk The Face Shop yang bermerk 'Arsainte'

Status: insya Allah aman (Halal)



Merk: B&B (Baby Product)Produk: Laundry ShopKeterangan dari produsen (Boryung Medicine): tidak terdapat animal-derived ingredients

Status: insya Allah aman (Halal)


Merk: InnisfreeProduk: Olive Body Butter, Jeju Volcanic Cleansing Foam, Green Tea Pure Deep Cream

Keterangan dari produsen (Amore Pasific): tidak terdapat animal-derived ingredients

Status: insya Allah aman (Halal)






























100 komentar:

  1. thanks banget ya infonya sangat bermanfaat, sy juga mau kasih info nih kalo mau tahu banyak tentang wisata Korea bisa langsung lihat aja infonya di Fanpage Korea Tourism Organization Indonesia atau Twitter @KTO Jakarta

    BalasHapus
    Balasan
    1. Terimakasih sudah berkunjung ke blog saya. Wah saya sudah lama like fanpage KTO Indonesia lho mas rendy, hehe.. Saya banyak dapat info juga dari sana.. Terimakasih sudah berbagi informasi.. ^_^

      Hapus
  2. makasih banget infonya mbak sinta, meski sy terlambat membaca blog ini, sy udah pulang ke indonesia, tp tetep kamsahamnida banget buat mbak sinta deh, smoga di bales kebaikannya atas nilai dakwahnya...amiiin

    BalasHapus
    Balasan
    1. sama-sama ..sapa tahu dikasih rezeqi dan kesempatan tuk berkunjung lagi ke Korea jadi tahu info makanan halal yang bisa dimakan kan ya? aamiin.. ^_^ Selamat beraktivitas..

      Hapus
  3. Terima Kasih atas info yang sangat berguna ini yaa! Saya mintak share,sebab saya juga akan ke korea nanti. singgah la ke blog saya ya akak http://nonenanamilah.blogspot.com/

    BalasHapus
    Balasan
    1. Halo Diana, Salam kenal ya.. :)
      Di Korea banyak warga Malaysia..Saya punya banyak teman Malaysia juga disini..Kami berteman baik..
      Saya sudah berkunjung ke blog Diana..

      Oh ya ada website khusus Malaysia dan ada info update tentang makanan Halal disana..

      Ini linknya ya : http://amirkorea.org/

      Hapus
  4. Alhamdulillah akhirnya pertanyaan saya terjawab sudah, terimakasih banyak ya mbak, tulisannya bermanfaat sekali.
    Sekalian ijin share di facebook saya ya^^

    Kamsahamnida :)

    BalasHapus
  5. wew lengkap subhanallah, syukron :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. Alhamdulillah, makasih udah mampir ya mbak Putri..Ini belum terlalu lengkap..Masih banyak yg belum dimasukkan kesini hehe..Insyallah kl ada waktu luang, sy coba masukkan lagi.. ^_^

      Hapus
  6. Wow, this article is nice, my sister is analyzing these things, therefore I am going to inform her.


    my weblog :: book of ra free download android

    BalasHapus
  7. I am really happy to glance at this website posts which carries lots of helpful data,
    thanks for providing these kinds of statistics.

    My web blog :: genabedar.xanga.com

    BalasHapus
    Balasan
    1. Thank you for visited my blog ^_^

      Hapus
  8. permen karet xylitol apakah halal ??

    mengandung glicerin & yuhwaje tnpa tnda sikmulsong

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ya, tidak halal mas. Beberapa produk barang di Korea Selatan secara berkala dan tanpa pemberitahuan sebelumnya mengganti bahan makanan dalam komposisinya. Ada baiknya memang harus rajin dan selalu mengecek terlebih dahulu sebelum membeli produk-produk tersebut ya. Terimakasih infonya mas.

      Hapus
  9. permen karet XYLITOL apakah halal ??

    mengandung glicerin & yuhwaje tanpa tanda sikmulsong.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Tidak Halal, mas. Dihindari saja.

      Hapus
  10. Terimakasih sharing infonya. Tapi sy masih penasaran,produk BB Cream The Face Shop itu halal gak ya?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Oh saya kurang tahu. Tapi nanti sy bantu tanyakan kepada tim investigasi Halal disini ya. Terimakasih banyak.. ^_^

      Hapus
  11. salam kenal.. sy dari malaysia.. tengah menghimpun maklumat untuk ke sana tahun hadapan .. terima kasih di atas info yg begitu lengkap.. memudahkan sy untuk mencari mknn di sana nanti, jadi tak perlu bawa makanan banyk dari sini :D ... semoga Allah merahmati kamu dan keluarga... Aameen.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Salam kenal kak safuria.. ^_^

      Saya sering jumpa dengan teman-teman Malaysia..Hari ini kami berbuka bersama di masjid..Di Korea, banyak sekali produk makanan Malaysia Halal dijual, jadi tidak perlu khawatir..Kakak bisa bawa bumbu masakan kari dari Malaysia..Disini tidak ada yang jual ^_^

      Hapus
    2. Permisi, saya mau nanya saya punya shin ramyun tp gak ada logo halalnya. Tp model dan gambarnya sama kayak yg halal itu. Jadi itu halal atau haram ya? Soalnya saya takut itu haram. Tp untuk gambar sih persis sama yg halal . Yg saya bingungin kok ga ada logo halalnya? Itu halal gk ya?

      Hapus
  12. mbak..... maaf itu gambar gambar yg diluar kolom tabel halal .. seperti coca colla pesi dan saus itu maksudnya haram apa hala mabak,..... saya sering pakai itu,..... dan ternyata mie seul tang haram,..... kirain paling halal,..... terima kasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. oh yang kumpulan gambar2 bertuliskan korea itu list produk halal yang sy dapatkan dari grup musliminkorea di yahoo. Tapi sy jg belum cek satu persatu komposisi semuanya dan nggak semua sy konsumsi. Ditambah lagi beberapa produk barang di Korea ini secara berkala dan nggak ada pemberitahuan sebelumnya mengganti bahan makanan dalam komposisinya. Ada baiknya memang harus rajin dan selalu mengecek terlebih dahulu sebelum membeli / konsumsi produk-produk tersebut ya.

      Setahu sy kl mie Seu tang (yg rasa udang kemasan CUP itu memang Haram. Dihindari aja, jgn dikonsumsi ya. Terimakasih banyak.

      Hapus
  13. As'salam,..

    Alhamdulillah, jumpa juga senarai produk makanan Halal Korea. terima kasih banyak kerana sudi berkongsi maklumat. Sebentar lagi saya akan cuba cari beberapa snek dan ramyun Halal di mini market yang ada di sekitar Jinha, Ulsan.

    Di Ulsan terlalu sukar mendapatkan makanan Halal kecuali di bandar (ada beberapa restoran India dan Morocco). Pada sesiapa yang akan ke kawasan-kawasan yang sedikit jauh dari bandar contohnya Jinha, diwajibkan membawa bekalan makanan Halal dari tanah air masing2 secukupnya...

    Kepada muslimin/ muslimat, banyakkan bersabar menempuh cabaran di negara orang. Insya'Allah, ada jalan penyelesaian.

    Mie, Shinhan Machinery Co.Ltd

    BalasHapus
    Balasan
    1. Wa'alaikumsalam wr wb

      Terimakasih banyak anonim atas kunjungan ke blog saya dan informasinya. ^_^

      Hapus
    2. Salam.. Kak, kalau coklat yg dijual dalam airport korea 'lotte duty free' halal ke?

      Hapus
    3. Coklat yang dijual Lotte duty free mereknya apa saja saya kurang tahu. Saya harus baca satu persatu dulu komposisi bahannya. Kalau mengandung lesitin dan shortening dari tumbuhan, qt boleh makan. Seperti ini tulisannya ya : 쇼트닝(대두), 쇼트닝 식물성유지, 레시틴 (대두), 쏘야 레시틴 , 레시틴 식물성유지. Kalau mau beli, coba di cek satu persatu dahulu ya..Terimakasih ^_^

      Hapus
  14. Assalamualaikum Jadi BB Cream etude house cuma 2 yang halal ? atau bagaimana mba?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Wa'alaikumsalam wr wb,

      Sebenarnya mungkin ada banyak yang Halal. Cuma untuk memastikan bisa ditanya ke pegawainya langsung apa produknya mengandung unsur hewani atau tidak. Kl yang sudah tertera diatas kebetulan yang sudah pernah ditanyakan langsung sama teman-teman disini.. ^_^

      Hapus
  15. Salam.. Tumpang tanya kak rini, kalau coklat dalam aiport 'lotte duty free' tu halal ke?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Wa'alaikumsalam wr wb.

      Coklat yang dijual Lotte duty free mereknya apa saja saya kurang tahu. Saya harus baca satu persatu dulu komposisi bahannya. Kalau mengandung lesitin dan shortening dari tumbuhan, qt boleh makan. Seperti ini tulisannya ya : 쇼트닝(대두), 쇼트닝 식물성유지, 레시틴 (대두), 쏘야 레시틴 , 레시틴 식물성유지. Kalau mau beli, coba di cek satu persatu dahulu ya..Terimakasih ^_^

      Coklat Malaysia lebih banyak pilihan, Halal dan enak-enak hehe :D

      Hapus
  16. mba shinta terima kasih banyak ya atas infonya...
    saya izin share yah mba, semoga bermanfaat pula buat yang lain.

    saya ada keinginan kesana suatu saat. ehehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. Alhamdulillah kalau bermanfaat..Silahkan jika ingin share.. ^_^

      Hapus
  17. Subhannallah... Ngebantu banget Bu... terimakasih buanyak.. :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Alhamdulillah..Tapi tetap cek satu persatu ya sebelum beli dan konsumsi.. Barangkali ada yang terlewat atau ada update terbaru komposisi yang dirubah.. ^_^

      Hapus
  18. Asssalamualaikum,
    부산 어묵 CJ dan merk lain bagaimana ya? Terima kasih.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Wa'alaikumsalam wr wb,

      Tinggal di cek aja komposisinya ada tidak bahan yang haram/syubhat disana..

      Kalau salah satu ada tulisan seperti ini, berarti tidak aman dikonsumsi ya :

      베이컨 : bacon/dagingbabi
      라드:lard/babi
      젤라틴(동물성): gelatin dari hewani
      쇼트닝(동물성): shortening dari hewani
      레시틴:lecithin (tanpa tambahan kata 대두/식물성berarti dari hewani)
      레닛:rennet (tanpa tambahan kata 대두/식물성berarti dari hewani)
      수지tallow/ lemak hewani
      돼지고기:pork/babi
      햄:ham (daging babi olahan)
      마시멜로: marshmallow (tanpa tambahan kata 대두/식물성berartidari hewani)
      레닌:rennin dari hewani
      글리세리드:glyceride (tanpa tambahan kata 대두/식물성berarti dari hewani)
      글리세롤: glycerol (tanpa tambahan kata 대두/식물성berartidari hewani)
      소시지atau 순대: sausage (sosis dari hewani)
      돈피: hogleather/pig skin (kulit babi)
      주정:alcohol / ethanol

      포도주(wine) biasanya sufiks 주 iniartinya alkohol(술)

      육(daging)

      돈지[donji] : daging babi

      소고기[sogogi] : daging sapi

      쇠고기[soegogi] : daging sapi

      비프[bipe] : daging sapi

      닭고기[dakgogi] : ayam
      치킨[chikin] : ayam

      육수[yuksu]: air kaldu hewani (kalau ada tambahan멸치berarti dari ikan teri)

      Hapus
  19. Halo mbak salam kenal...saya itu pengemar paroduk2 korea mungkin kebanyakan nonton drama korea :)) dan saya sangat suka roti Tous Le Jour, kalau sdh dibuka franchise di Indonesia atau malaysia apakah sudah halal atau tetap syubhat. Makasih mbak

    BalasHapus
    Balasan
    1. Salam kenal mbak Erin..

      Langkah termudah adalah menanyakan langsung ke pelayan atau pemilik di TLJ Jakarta apakah sudah mendapatkan sertifikat HALAL MUI untuk semua produk yang tersedia disana. Saya sendiri tidak pernah membeli produk itu di Korea. Info dari teman muslimah yang menanyakan langsung ke produsennya, begini responya :
      "Kecuali roti yang mengandung ham dan kroket, produk lain secara langsung tidak mengandung babi. Selain itu, untuk shortening, butter, margarin, untuk membuat roti juga sudah teruji bahwa tidak ada kandungan babi di dalamnya. Hanya saja, untuk bahan pendukung pembuatan shortening, butter, dan margarinnya sangat sulit untuk diketahui kandungannya secara detail. Dari pihak CJ Food selaku produsen Tous Le Jours menerangkan bahwa tidak ada kandungan babi pada pembuatan produknya. Namun, dikarenakan pembuatan roti dan cake itu sendiri berlangsung di tiap cabang TLJ, maka bisa saja ada gerai yang menggunakan bahan-bahan yang mengandung babi. Oleh karena itu, mereka menganjurkan agar konsumen dapat lebih berhati-hati dan teliti bila ingin mengonsumsi produk mereka".

      Wallahu a'lam bi showab. Semoga Allah mengampuni ketidaktahuan saya, aamiin. ^_^

      Hapus
  20. assalamu’alaikum..
    kalo produk mie dr nongshim itu apa semua haram? sy di indonesia, dan masih kurang mengerti komposisiny termasuk halal tidak.. terimakasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. Wa'alaikumsalam wr wb,

      Dulu ada mie Nongshim merek SUN, bisa dimakan karena tidak mengandung unsur hewani dan tidak diproduksi dengan daging babi. Banyak mie Korea yang berlabel Halal juga aman dikonsumsi. Insyallah kalau ada waktu akan saya posting informasinya ya. Terimakasih banyak ^_^

      Hapus
  21. salam, saya izuan dari malaysia bekerja disini dalam 2minggu, kalau roti,telur minuman dari jenama lotte adakah ianya halal?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Wa'alaikumsalam wr wb,

      Roti yang aman dan bisa kita konsumsi bermerk "KIRIN". Untuk telur ayam yang mentah insya Allah aman dikonsumsi. Kalau minuman ada beberapa yang Halal dan beberapa Haram, silahkan di cek di daftar yang sudah diposting di tulisan ini. Karena banyak sekali jenis dan namanya. Terimakasih banyak ^_^

      Hapus
  22. Assalamu 'alaikum warohmatullohi wabarokaatuh mbak Shinta Rini....tolong dicek untuk produk 칩 포테토nya,menurut list yang mbak buat keterangannya halal tapi setelah saya cocokan dengan kemasan ternyata disitu terdapat unsur 돼지고기nya,sekali lagi mohon dicek ulang.terima kasih.....wassalamu 'alaikum warohmatullohi wabarokaatuh

    BalasHapus
    Balasan
    1. Wa'alaikumsalam wr wb,

      Iya betul sekali..Dulu produk itu masih aman dikonsumsi, namun belakangan kami cek ternyata diproduksi satu tempat dengan pengolahan daging babi. Terimakasih atas informasinya.

      Hapus
  23. Blognya sangat membantu, terima kasih ya :)

    saya concern di kosmetik dulu deh, soalnya belum pernah ke korea hehehe

    untuk skinfood apakah semuanya tidak halal ? kebetulan saya suka pake etude bb cream dan sudah sempet cari infonya katanya halal. kebetulan saya juga suka menjual ke beberapa teman karena bagus.. lalu saya mau coba skinfood (buat pemakaian pribadi) tp lagi nyari2 info halalnya ketemu blog ini jd takut dosa saya -_______- saya jadi khawatir macam jual khamr ke orang..
    mohon infonya ya, terima kasih :)

    BalasHapus
  24. makasih infonya ya mba shinta, membantu banget ^^ karena saya suka nyoba2 kosmetik korea. ohiya mbak, mau tanya sekalian kalau keseluruhan produk tudeHouse, Misha, Innisfree dan thefaceshop itu halal semua gak ya?

    BalasHapus
  25. makasih infonya ya mba shinta, membantu banget ^^ karena saya suka nyoba2 kosmetik korea. ohiya mbak, mau tanya sekalian kalau keseluruhan produk tudeHouse, Misha, Innisfree dan thefaceshop itu halal semua gak ya?

    BalasHapus
  26. makasih banget mbak infonya. sangat membantu. :) .skalian mau tanya. kalau koji dolly wink eyeliner pencil halal gak y mbak. mohon bantuannya. jazakillah qabla :D

    BalasHapus
  27. makasih banget mbak infonya. sangat membantu. :) .skalian mau tanya. kalau koji dolly wink eyeliner pencil halal gak y mbak. mohon bantuannya. jazakillah qabla :D

    BalasHapus
  28. terima kasih banyak mbak info ny. sangat membantu. skalian mau tanya, kalo koji dolly wink eyeliner pencil dan koji dolly eyebrow pencil itu halal gk y mbak y komposisinya. mohon bantuannya mbak. jazakillah qabla :)

    BalasHapus
  29. Assalammuaikum wr wb,
    Nice info, sangat bermanfaat sekali bagi umat muslim...saya mau tanya untuk saus gujochang itu halal ga yah? makasih
    wassalammualaikum.

    BalasHapus
  30. Apakah produk Choco Charlteok Pie, snack kemasan produksi perusahaan industri pangan Samjin, halal atau tidak? sulit membaca bahan baku nya karena semua dicetak dalam tulisan Kanji Korea. Terima kasih.

    BalasHapus
  31. Assalam-o-alaikum Dear,

    Jazak-Allah for the list of halal products list in Korea. I would like to inform that the ABC Chocolate Toffees from Lotte are NOT HALAL. Here is the picture showing the ingredients:
    https://drive.google.com/file/d/0B8nVXzcveDugNm9IWXAxVHh0cTA/edit?usp=sharing

    Please mention this as an update to your list. Your list shows it as halal.
    Thank you.

    BalasHapus
  32. Zeeshan Arshad18 Maret 2014 03.29

    Assalam-o-alaikum Dear,

    Jazak-Allah for the list of halal products list in Korea. I would like to inform that the ABC Chocolate Toffees from Lotte are NOT HALAL. Here is the picture showing the ingredients:
    https://drive.google.com/file/d/0B8nVXzcveDugNm9IWXAxVHh0cTA/edit?usp=sharing

    Please mention this as an update to your list. Your list shows it as halal.
    Thank you.

    BalasHapus
    Balasan
    1. I have checked the list that you show. In that sentences, it's mean that "the product is not contain pork". So, the word "pork" in this ingredients not refer to the ingredients, but just a note to make sure that the product is not contain pork.

      Jadi produk ini (ABC Chocolate) insya Allah halal ^_^
      (baru dapet oleh2 dari temen yang dari korea, jadi langsung ngecek)

      Hapus
    2. I have checked the list that you show. In that sentences, it's mean that "the product is not contain pork". So, the word "pork" in this ingredients not refer to the ingredients, but just a note to make sure that the product is not contain pork.

      Jadi, Produk ini (ABC Chocolate) insya Allah halal ^_^
      *baru dapet coklat ini, oleh2 dari Korea, jadi langsung ngecek :)

      Hapus
  33. kalau tepung2an dari korea itu apakah halal semua?

    BalasHapus
  34. Assalamualaikum, sist saya mau tanya kalo liptint etude fresh cherry halal ga y? Saya soalnya menggunakan produk itu sist.makasih.
    Waasalamualaikum.

    BalasHapus
  35. assalam,
    ingin tahu lebih lanjut..product pepero tu di sini disahkan haram oleh director company pepero itu sendiri..email dari directornya telah di pampangkan di face book

    BalasHapus
  36. Assalamu'alaikum
    Mbak Shinta, terimaksih buanyak infonya, semoga Allah melipatgandakan pahala Mbak. Nanya dikit mbak. kalo BB Cream dari The Face Shop hala tidak?
    Terimaksih
    Elvina

    BalasHapus
  37. Assalam...
    Mbak... saya Ika...
    Insyaallah...awal tahun depan saya menuju Seoul...
    Dan Insyaallah saya akan menetap disana dalam waktu yg lama...
    Menurut mbak,, persiapan apa yg plg utama bagi saya seorang pemula yg nantinya akan tinggal disana ?
    Terimakasih...
    Wassalam...

    BalasHapus
  38. Assalamualaikum...
    Mbak... saya Ika...
    Insyaallah... awal tahun depan saya akan menuju Seoul dan akan menetap disana dalam waktu yg cukup lama...
    Menurut mbak, persiapan apa yg paling utama bagi saya sbg seorang pemula yg akan hidup disana ?
    Terimakasih...
    Wassalam...

    BalasHapus
  39. assalammualaikum mbak..
    Saya mau tanya,apa boleh share artikel ini tentu dengan link atau credit blog ini..
    Karena saya menjual makanan korea di online shop saya..
    Saya berniat share kepada para pelanggan..
    Terima kasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. Wa'alaikumsalam wr wb

      Boleh, silahkan :)

      Hapus
  40. Makasih mba ats infonya ,
    Sya jd sangat terbantu ..

    BalasHapus
  41. aslkm.mba apakah lipstick the face shop halal, karena saya bingung mencocokkan dengan tulisan korea yang mba posting (maklum, tidak tahu menahu ttg bahsa dan tulisan korea hehe)

    BalasHapus
  42. Muslim Friendly Restaurants in Korea.pdf

    http://www.anafile.com/28e6ai3yk7w0.html

    BalasHapus
  43. Assalamualaikum mbak, mau nanya bagaimana dengan saus gochujang?
    kalau dalam ingredient packagingnya mengandung alkohol dalam jumlah sedikit ^^

    BalasHapus
  44. Bunda, mohon izin share tulisan bunda mengenai kosmetik halal korea, sumber/backlink ke blog ini akan saya cantumkan.

    Terimakasih ^^

    BalasHapus
  45. Teteh mau nanya, skrg kan di indo lg tren mie korea samyang chicken ramen yg superhot. Itu halal gak yah?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Beneran haram ya kak?? Tp kok di indonesia bsa lulus BPOM RI ya?? Trz bnyk olshop yang bilang kalau it halal??

      Hapus
    2. BPOM RI bukan lembaga sertifikasi halal, tapi lembaga yang mengawasi peredaran obat-obatan dan makanan di Indonesia.
      Sertifikasi halal di Indonesia hanya bisa diberikan oleh MUI.

      Kalau banyak olshop bilang halal, itu hanya strategi dagang aja. Mereka kadang tidak faham bahkan tidak peduli ttg halal/haram, yg penting jualannya laku.

      Samyang ramen super hot ada yg sudah halal, tetapi hanya beredar di malaysia & singapore saja. Di Indonesia belum ada.

      Hapus
    3. Lulus BPOM menjamin aman konsumsi tapi tidak menjamin halal/haram (karena bukan tugas BPOM).

      Banyak yg tidak tahu dan lgsg bilang halal hanya karena tidak ada pork/babi di daftar bahannya. Produksi bisa jadi di pabrik yang juga mengolah produk haram mengakibatkan produk yang tidak berbahan haram jadi ikutan haram krn kemungkinan kontak (lgsg/tidak lgsg) dgn sisa2 bahan produksi produk yg haram.

      Samyang hot chicken ramen sndiri ada yg haram tapi ada jg yg halal (pabriknya trsendiri). tinggal dilihat kemasannya ada logo halal atau tidak. Kalau tidak ada ya brarti haram. Jadi kalau beli di olshop minta verivikasi foto logo halal di kemasannya dulu :)

      Hapus
  46. Assalm.. salam kenal saya Ayesha.. terima kasih infonya.. saya tinggal di busanjin-gu skrg.. pengen bgt ktmu sm, mba Sinta.. klo ada waktu bs kita jumpa? sy jg sdh inbox FBnya mba Shinta..dibales yaa.. Syukron..

    BalasHapus
  47. Assalamualaikum wr wb,

    Salam kenal Mbak Shinta. Terimakasih atas info yang sangat berguna ini mbak. Mohon ijin share link tulisan ini ke blog saya :)

    Regards,
    Khairani Ritonga

    BalasHapus
  48. Assalamu'alaikum mba Shinta.
    Saya mau tanya, kebanyakan onlineshop yang saya cari menyatakan pernyataan yg berbeda tentang halal dan tidaknya ottogi cheese ramyun dan mie samyang spicy chicken. Saya juga cari-cari di google ternyata banyak juga perbedaan pernyataan yang saya temukan. Saya juga kurang mengerti tentang perbedaan keterangan halal atau tidakny di suatu kemasan. Bisa dibantu jawab mba? Apakah dua-duanya memang haram?

    BalasHapus
  49. mbak kita punya kesamaan pandangan ttg hal ini. bolehkah saya minta email, 가톡, atau line jika mbak tidak keberatan?. Ada beberapa hal yg perlu saya tanyakan. terima kasih. Lydia-Bogor

    BalasHapus
  50. Assalamualaikum mbak,kita punya pandangan yg sama ttg halal ini. Ada beberapa yang ingin saya tanyakan. jika mbak tidak keberatan, bolehkan saya kontak via FB, email, 가톡, atau line?. saya sudah usaha komunikasi dengan KMF tetapi, pertanyaan saya tidak direspon

    BalasHapus
  51. assalamualaikum, salam kenal saya Yusuf tinggal di Daejon Chungnam National University untuk kelas bahasa KGSP.. baguuuuuuuuuuuuuuuuus banget share nya.. jikalau ada file pdf nya atau word nya yang lebih lengkap ttg gambar2 nya bisakah saya minta liwat email? ini email saya yusufatstsiqoh@gmail.com.
    susah soalnya cari makanan halal.

    BalasHapus
  52. Assalamu'alaikum wr.wb.
    Salam kenal, Mbak. Saya baru beli produk Italian Salad Dressing merk Fontana dari online shop. Sellernya bilang sih halal, tapi pas barangnya sampai ga ada logo/indikasi halal. Kebetulan labelnya hangeul semua (saya baru bisa membaca hangeul, tapi belum mengerti Korean). Lalu saya cek satu2 di google translate dan ada tulisan baegpodoju yg artinya white wine. Ini white wine beneran atau white wine vinaigrette? Kalau sudah berbentuk cuka kan insyaallah halal... Lagipula, ingredients umum untuk italian salad dressing memang cuka anggur putih, bukan anggur putihnya langsung. Namun karena saya ga ngerti budaya korea, saya jadi ragu2. Mohon pertimbangannya, Mbak. Terima kasih :)

    *Berikut link ingredientsnya: http://1drv.ms/1Q51SzE

    BalasHapus
  53. aslkm eonni :p

    saya suka masak, dan ingin sekali membuat sendiri masakan korea namun masalahnya ada pada bhan2 masakannya spt gochujang, gochugaru, soybean paste, dll. apakah ada list nama produk yang halal utk jenis bahan2 masakan korea eonni? mohon infonya. trims a bunch ^^

    BalasHapus
  54. Halo mba rini, jadi aku dengar dari beberapa website bahwa Buldak Bokkeum Myun atau kita kenal dengan mie samyang spicy chicken telah mendapatkan sertifikasi halal. bagaimana ke-aslian dari berita tersebut ?

    BalasHapus
  55. Mbak mau nanya..kl precious mineral bb cream cotton fit etude house halal gk ya?kmren beli tiba2 kebaca ada lechitin..itu babi atau gmn y?mhon pencerahannya..terima kasih..

    BalasHapus
  56. Assalamualaikum mba terimakasih banyak atas informasinya, saya merasa sangat terbantu dengan postingan ini. Semoga sering di update yah mba masalah make up dan skin care nya 😍 terimakasih 😆 wassalamualaikum wr. Wb.

    BalasHapus
  57. Assalamualaikum ka mau tanya kalo cheese fromage ramyun paldo halal gak yaah?

    BalasHapus
  58. mau tanya samyang noodles itu halal atau tak

    BalasHapus
  59. Assalamualaikum Wr. Wb.
    Alkhamdulillah infonya sangat bagus.
    saya ada pertanyaan, hukum makanan yang mengandung 닭고기 atau 치킨 dan 소고기 atau 쇠고기 itu bagaimana?
    untuk penjelasannya terima kasih..

    BalasHapus
  60. Hi, saya abis cari2 juga untuk teman saya. sepertinya ottogi ramen ga halal.. silahkan cek dsni:
    https://www.orientalmart.co.uk/korean-products/packet-noodles/ottogi-cheese-ramen-multipack-ottogi-cheese-ramen-multipack--ottogi-cheese-ramen---------------------------

    BalasHapus
  61. Kalau yoppoki cheese halal ga?

    BalasHapus
  62. Kalau yoppoki cheese halal ga. Makasih

    BalasHapus
  63. Aslkm....mb sekarang ini banyak beredar skincare korea yg katanya alami dan berasal dari tumbuh2an. Saya tertarik sekali membelinya. Kata oenjualnya halal...tapi saya masih ragu dan uktuk mengeceknya jg susah karena tidak bisa baca tulisan korea. Contohnya Cremorlab TEN Mineral Essence,Shangpree toner, Mizon snail cream, Suwhalsoo.
    Mohon infonya Jika mb tau produk ini halal ato tidak.Teruma Kasih

    BalasHapus
  64. Assalamualaikum... Terima kasih banyak info nya,sangat membantu.

    BalasHapus
  65. Assalamualaikum..just want yo adk..does nature republic product from korea is pork free..how to know and confirm the ingredients used excluded the pig sources..thank you

    BalasHapus
  66. Assalamualaikum. Shampoo mise en scene halal ke tidak? Terima kasih.

    BalasHapus
  67. terimakasih informasinya, bermanfaat ^_^

    BalasHapus

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...