Laman

  • Home
  • About me
  • My Books
  • My Bussines
  • Lovely Hafidz
  • Lovely Nabila

Rabu, 19 Desember 2012

Nabila dan hanbok

Oleh : Shinta Rini




          Hanbok adalah pakaian khas tradisional Korea Selatan. Setelah abinya nabila pergi sekolah ke Korea Selatan, ummi dan nabila suka hunting baju hanbok di Bandung. Waktu itu sebenarnya pingin banget hanbok asli dari abi di Korea. Sayangnya abi bilang kalau hanbok asli Korea harganya mahal-mahal. Alhamdulillah, setelah ubek-ubek seharian di pasar baru Bandung dan tidak membuahkan hasil. Eh ternyata ketemunya malah di toko anak Lavie di jalan dipati ukur. Hanbok yang nabila pakai di bawah ini harganya lumayan mahal, sekitar 200 ribu rupiah. Duh buat ummi ini mahal banget, tapi berhubung nabila udah terlanjur suka dan kita bandingkan harganya masih lebih murah dibandingkan hanbok asli Korea, akhirnya dibeli dech :)

        Baju ini dipakai nabila saat lebaran di Balikpapan. Pas balik ke Bandung, kita main ke rumah teteh Haura. Wah nabila seneng banget main di rumah teteh haura dan foto-foto pake hanbok bareng. Nah kalau hanbok yang dipakai teteh Haura itu asli dari ayahnya yang pulang dari Korea..Wuih memang beda banget sama  punya nabila yang buatan China. Tapi nggak apa-apa dech, anaknya sih happy-hapy aja tuh nggak mikirin kualitasnya.Nggak peduli ini hanbok asli ato hanbok tiruan hehe.Pokoknya yang penting warnanya pink. Titik hehehe nabila gitu lho penyuka pink..Aha si pinky!



           Perbedaan hanbok asli Korea dengan hanbok tiruan China. Dari segi bahan, memang hanbok China lebih halus karena terbuat dari kain satin dan dihias dengan bordiran benang warna emas. Sedangkan hanbok asli, bahan kainnya sangat kasar karena terbuat seperti serat nanas dan kaku bentuknya. Makanya rok hanbok tampak sangat "mekar" dan mengembang. Untuk corak roknya, hanbok asli memang disulam menggunakan tangan dengan benang berwarna-warni. Corak yang sering digunakan adalah corak bunga-bunga. 



           Nah ini adalah hanbok second pertama yang ummi beli di pasar Jangjeondong. Awalnya sempet kaget pas harganya cuma 5 ribu won atau sekitar 40.000 rupiah. Kita cek memang sih ada bagian di lengan kanan dan kiri yang sobek dan terlihat dijahit dengan benang yang tidak sewarna. Berhubung pas banget di nabila dan cuma itu satu-satunya ukuran yang pas di badan nabila. Akhirnya ummi belikan buat nabila. Wah nabila seneng banget. Hanbok ini full disulam bunga warna-warni di bagian pergelangan tangannya dan kerahnya.Sebelum ummi pakaikan ke nabila, hanbok ini langsung dicuci dan disetrika dulu supaya higienis..hehe..Setelah tahu toko second itu, akhirnya ummi dan temen-temen sering hunting dan pesen sama immo-nya kalau ada hanbok anak-anak dan dewasa yang bagus dan lucu tolong disimpenin buat kita..hehe




            Ini adalah hanbok untuk hadiah ade azka di Bandung. Sengaja nabila foto pake hanbok ini buat kasih tahu ke bunda lana gimana cara pakai hanbok Koreanya. Azka kebetulan suka juga warna pink. Alhamdulillah azka suka hadiah hanboknya kata bunda lana. Alhamdulillah nabila dan ummi seneng dengernya. Hanbok ini ummi beli di pasar Guseodong. Harganya 30.000 won atau sekitar 240.000 rupiah. Ini udah nawar habis-habisan sampe diomelin haraboji penjualnya karena hanboknya dijual sangat murah. Untungnya halmoni istrinya baik banget, ngasih harga yang lebih rendah dibanding suaminya.Mungkin kasian liat wajah melas ummi dan nabila hehe.. 



        Foto ini diambil waktu ummi dan nabila jalan-jalan nemenin cibun natha dan tante ira ke pasar Boemildong. Kabarnya disana seperti pasar barunya Bandung. Nah disana ternyata banyak yang jual kain meteran hanbok, yang bisa kita jahit dan pesan disana. Selain itu mereka juga menjual hanbok yang sudah jadi.Duh seneng rasanya lihat hanbok cantik, bagus dan warna-warni. Kita nggak sempet nanya berapa harganya, karena nggak pede. Kita mikirnya pasti mahal-mahal, soalnya dapat info dari temen kalau hanbok asli harganya sekitar 100 ribu won keatas. Yah, alhamdulillah kita puas-puasin aja memandangnya dari dekat hehe. Oh ya, uniknya hampir semua penjual hanbok menggunakan hanbok lho. Wah pemandangan yang keren banget dech. Ibu-ibu disana tampak cantik dan anggun pakai hanbok warna-warni. 



          Ini adalah hanbok second nabila yang kedua. Ummi sengaja beli hanbok ini untuk dipakai di acara pernikahan omnya nabila di Balikpapan. Hanbok ini harganya juga 5 ribu won lho. Alhamdulillah hanbok yang kedua ini pas di badan nabila. Ummi cek nggak ada cacatnya. Kondisinya masih mulus dan tampak terawat seperti masih baru hihi..Sesampainya di acara pernikahan om firman, banyak banget yang suka sama hanbok nabila. Alhamdulillah, hanbok bagus nggak harus mahal kan? hehe..Nabila pun suka, selain warnanya pink, nabila bilang dia seperti putri muslim korea hehe..bener juga ya nabila ^_^






         Kalau ini bukan hanbok milik nabila tapi milik Lotte Mart. Kebetulan ummi dan nabila juga temen-temen yang kursus bahasa Korea di community center Jangjeondong diundang sama multicultural Geumjeong yang bekerjasama dengan Lotte Mart untuk acara pengenalan budaya Korea Selatan melalui pakaian tradisionalnya, yaitu hanbok. Wah ini kali pertama ummi dan nabila pakai hanbok asli Korea yang masih baru, bukan second lho. Kami dan teman-teman lainnya lalu berfoto bersama di studio foto milik Lotte mart memakai hanbok itu. Hanboknya masih baru dan ada segel harganya! Ummi ngintip harga hanbok yang ummi pakai itu 200 ribu won! Kalau dirupiahkan sekitar 1,6 juta rupiah. Subhanallah, mahal banget ya. Sedangkan hanbok yang nabila pakai sekitar 80 ribu won atau 600 ribu rupiah. Tahu harganya mahal gitu, kita pakainya hati-hati banget. Pokoknya jangan sampe lecek dan rusak, ntar khawatir disuruh ganti hehehe..Oh ya acara pemotretan di studionya juga gratis dan kita dapat fotonya satu persatu. 




         Nah kalau ini hanbok baru nabila yang dibeli secara online.Ceritanya, nabila diminta pakai hanbok ini saat ada kegiatan di sekolahnya. Ummi sih santai aja mau cari hanbok second (lagi) di toko hanbok second deket rumah. Wah ternyata stok hanbok disana lagi kosong. Tumben banget, biasanya lumayan banyak pilihan. Duh sering gitu dech, kalau lagi dibutuhkan malah nggak ada. Nah hanbok-hanbok nabila semuanya dibawa ke rumah yangti di Balikpapan. Jadi saat mau dipakai di acara sekolah, malah nggak ada satupun hanbok yang ada di rumah. Lihat hanbok di supermarket harganya mahal-mahal banget. Rata-rata sekitar 80 ribu won keatas. Wah sayang banget ngeluarin uang sebanyak itu. 

          Akhirnya semaleman ummi ngubek-ubek G-market, situs belanja online di Korea. Banyak harga hanbok yang 20-30 ribu tapi stoknya kosong saudara-saudara. Wah penonton kecewa dech. Alhamdulillah ketemu satu link, dan akhirnya kita beli hanbok ini sekitar 36 ribu won. Sengaja ummi beli yang bagian roknya bisa disetel kancing di bagian pundaknya. Roknya pun agak panjang dikit. Tapi nggak apalah biar bisa kepake lama, soalnya nabila cepet banget tingginya. Alhamdulillah, ini hanbok terdiri dari 3 macam, yaitu bagian rok, atasan panjang berwarna hijau dan rompi pendek berwarna kuning. Kalau dipakai bisa jadi dua hanbok, warna atasan hijau dan kuning. Alhamdulillah satu hanbok bisa dua macam model. Jangan tanya gimana perasaan nabila dapat hadiah hanbok ini..Wah girang banget dia. Katanya ini adalah hanbok yang paling bagus. Malah seharian dia pakai hanbok ini di dalam rumah.hihi.



7 komentar:

  1. bajunya lucu2 jadi pengen dech hehehe
    baju yang terakhir lucu ada rompinya ya,,

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya saya juga pingin..Sayang udah emak-emak begini hihihi :D

      Hapus
  2. Assalamualaikum teteh...mau tanya di bandung itu beneran ada yang jual kain hanbok korea dan bisa pesen bikinnya juga teh?klo boleh tahu dmn ya teh?sama link buat beli online yang teteh tulis itu di indo atau di korea teh?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Wa'alaikumsalam wr wb,

      Iya dulu saya dikasih tahu teman saya seperti itu..Belum tahu kalau sekarang masih ada atau tidak ya..Maaf kalau yg online, sudah tidak jual lagi.. ^_^

      Hapus
  3. Assalamualaikum teteh,mau tanya itu dibandung beneran ada yang jual kain hanbok korea dan bisa pesen dibikinin juga teh?klo boleh tahu dimana ya teh?sama itu link yang teteh tulis itu online shop indo atau korea teh?

    BalasHapus
  4. Assalamualaikum,annyeonghaseo.............memang yang asli itu selalu bagus dan berkualitas tinggi makanya ga salah ga heran kalau harga Hanbok di negara asalnya Korea harganya selangit makanya ada pepatah yang mengatakan ada kualitas ada harga,tapi aku tidak suka tuh sama produk buatan cina karena menurut aku itu sangat merugikan para pembuat Hanbok asli korea dan bukan cuma itu,itu juga sangat merugikan kita sebagai konsumen karena kalau untuk orang awan yang tidak tahu betul tentang Hanbok yang asli pasti mereka mengira itu hanbok buatan korea.
    Makannya aku tidak suka sama produk buatan cina ! ! !
    Kalau untuk aku misalnya aku mau membeli Hanbook asli tapi harganya tidak terjangkau sama kantongku ya ! aku beli yang second aja walaupun second tapi aslikan..........
    Aku hanya sekedar ingin memberikan pendapatku saja,tapi seandainya jika kata2 aku diatas kurang berkenan atau menyinggung perasaan nan meminta maaf mianhae sekali lagi mian hamnida..........
    Kamsahamnida.........

    BalasHapus
  5. Suka bangeeet umi. Suka dengan isi blognya tp belum ke jajal semua :)

    Selain Indonesia, Korea emang sangat menarik. Ingin segera mencicipi negeri gingseng :D

    BalasHapus

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...