Laman

  • Home
  • About me
  • My Books
  • My Bussines
  • Lovely Hafidz
  • Lovely Nabila

Selasa, 13 November 2012

Resep Masakan Korea “양념통닭 – yangnyeom tongdak”



| Shinta Rini |

양념통닭 (yangnyeom tongdak). Yangnyeom means “seasoned” and tongdak means “a whole chicken” .

Saya paling ngiler kalau melihat iklan ayam ini di sepanjang jalan raya atau di televisi. Ini cemilan khasnya orang Korea. Mereka suka makan ini tanpa nasi. Saya sih belum pernah nyicipin gimana rasanya..Seringnya liat temen atau songsenim (guru Korea) makan ini di depan saya. Sedih ya cuma bisa ngiler doang. Soalnya ayam di restoran Korea rata-rata tidak disembelih secara Islam, jadi kami tidak bisa mengkonsumsinya.  

Lama-lama saya jadi terpancing juga tuk bisa masak yangnyeom tongdak ini di dapur saya. Kalau dibilang sih cara masaknya cukup ribet. Tapi demi pingin tahu gimana rasanya, akhirnya saya coba bikin juga. Alhamdulillah, berkat video masak dari Maangchi itu berhasil juga saya menaklukkannya.

Setelah saya cicipin bersama keluarga dan teman, bisa dibilang rasanya memang enak. Ada manis, asam, pedasnya. Lumayan saya udah nggak penasaran dan ngiler lagi kalau liat menu ini di restoran Korea. Kalau menurut saya ini seperti ayam fried chicken di campur saus asam manis kalau di Indonesia. Kebayang nggak gimana rasanya kira-kira.. 

Buat teman-teman yang penasaran,  bisa coba bikin resep ini di rumah ya. Bahannya nggak susah koq. Kalau butuh step by step cara memasaknya tinggal intip link ini ya : Maangchi

Selamat mencoba ya!


Contoh iklan ayam  양념통닭 yang suka ditempel di pintu rumah saya

Ini resepnya ya teman-teman ..


Bahan ayam :

1 ekor ayam dipotong-potong
1 sendok teh garam [ 1 tsp salt]
Lada hitam/putih [1 tbs ground black pepper]
½ cup tepung kentang [ ½ cup potato starch powder/ 감자전분]
¼ cup tepung teringu [all-purpose flour]
¼ cup tepung beras [ sweet rice flour / 찹쌀가루 ]
1 telur [egg]
1 sendok teh baking soda
Minyak canola atau minyak sayur [canola oil / vegetable oil]


Cara Membuat :
1. Ayam yang sudah dicuci bersih, diberi lada hitam (*merica) dan garam, diaduk hingga merata
2. Masukkan tepung kentang, tepung terigu, tepung beras, telur dan baking soda ke dalam mangkok ayam. Uleni merata hingga semua ayam terbalut dengan tepung
3. Goreng ayam yang sudah terbalut tepung. Coba masukkan sedikit ayamnya ke wajan, kalau udah berbuih minyaknya berarti minyak sudah panas & siap untuk menggoreng ayam. Goreng ayam hingga kecoklatan
4. Tiriskan ayam


Bahan saos :
1 sendok makan minyak canola [1 tbs canola oil]
4 siung bawang putih cincang [4 cloves of minced garlic]
1/3 cup saos tomat [1/3 cup tomato ketchup]
1/3 cup sirup beras [1/3 cup Korean rice syrup/ 쌀엿] ; bisa diganti madu
¼ cup saos cabe pedas [¼ cup hot pepper paste / 고추장 ] ; bisa diganti bubuk cabe/ saos sambal pedas
1 sendok makam cuka apel [1 tbs apple vinegar]
1 sendok makan wijen putih buat taburan ayam

Cara Membuat :
1. Masukkan minyak canola ke dalam wajan, setelah itu masukkan bawang putih cincang. Digoreng hingga wangi.
2. Masukkan saos tomat, sirup beras, saos cabe dan cuka apel. Diaduk hingga merata semuanya, masak dengan api sedang kira-kira 5 menit. Jangan terlalu lama masaknya supaya saos tidak gosong. Matikan kompor jika sudah 5 menit.
3. Masukkan ayam goreng tepung ke dalam wajan yang berisi saos merah ini. Aduk hingga merata.
4. Susun ayam ke atas piring saji, taburi dengan wijen putih. Sajikan hangat-hangat dengan segelas teh poci ‘tong ji’..Ehm yummy bangetz!


Alhamdulillah suami & nabila juga suka

1 komentar:

  1. wah Mba ternyata tinggal di Korea,, tp saya sepertinya g pernah ketemu :(( sy di Korea 2011-2012 (2 tahun), xixixi kebetulan suami suka bgt sama ayam ini gara2 makan di Lotteria di Indo,,jd tahu deh resepnya..thanks ya

    salam
    Diah

    BalasHapus

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...