Laman

  • Home
  • About me
  • My Books
  • My Bussines
  • Lovely Hafidz
  • Lovely Nabila

Selasa, 13 November 2012

Pizza ala Ummi



Oleh : Shinta Rini


Di Korea banyak sekali restaurant Pizza. Melihat tampilannya pun langsung menerbitkan air liur.Bahkan di depan pintu rumah saya selalu ditempelkan iklan pizza yang ukurannya jumbo plus murah harganya. Oh ya, orang Korea itu suka banget yang namanya ubi jalar. Menu andalan pizza yang paling disukai selain daging sapi ya pizza dengan topping ubi jalar. Kebayang gak bentuk dan rasanya? hehe saya belum pernah cobain. Meski restaurant pizza ada dimana-mana, sayangnya saya dan temen-temen Muslim disini nggak bisa makan. Lho kenapa? bukannya enak, murah lagi..

Yupz memang enak dan murah, sayang keju yang dipakai hampir sebagian besar pake rennet hewani yang nggak disembelih secara Islami. Apalagi mereka kebanyakan pake rennet dari hewan babi. Duh makin nggak bisa makan kan?


Akhirnya, saya browsing dan eksperimen cara-cara yang praktis untuk bikin pizza. Alhamdulillah setelah beberapa kali eksperimen, saya menemukan resep yang mudah dan praktis. Resep ini sudah saya modifikasi mengingat bahan-bahan dan alat yang saya gunakan juga terbatas. Untuk memanggangnya saya pakai happy call. Praktis lho & mengembang lagi. Untuk kejunya, saya pakai keju berlabel HALAL dari Aussie bermerk Bega. Sedangkan untuk toppingnya, saya sesuaikan dengan bahan-bahan yang ada di kulkas saat itu hehe..Kadang pake daging cincang, kadang ayam, kadang ikan tuna, kadang jamur. Bahkan kalau ingin pizza yang manis, saya pakai topping coklat dan keju..Ehm Yummy !


Saya sudah share resep pizza ini ke teman-teman saya lainnya. Bahkan saya pernah menjualnya saat ada acara Tabligh Akbar Ust. Arifin Ilham di Busan. Alhamdulillah temen-temen pada suka semua. Akhirnya kami bisa makan pizza halal di Korea. 


Yuk ah, saya share resepnya disini. Insyallah jadi dech :)



Adonan roti :

2 sdk teh ragi instan
air hangat 1 cup kertas
gula 1 sendok makan
250 gr tepung terigu tuk bikin roti ( biar bagus ngembangnya)

Caranya :
  1. Air hangat 1 cup kertas + gula diaduk rata, lalu masukkan ragi instan. Nanti akan berbusa (setelah 10 menitan)
  2. Masukkan air ragi tadi ke baskom isi tepung. Uleni sampe kalis. Kalau mau enak, kasih susu bubuk/cair dikit biar gurih. 
  3. Simpan 1jam (ditutupi serbet bersih yg dikasih air hangat)
  4. Kalau sudah mengembang, ambil segenggam, digiling pake gilingan sama telenan (bisa beli di daiso) sampe pipih..
  5. Letakkan diatas happy call, trus kasih topping diatasnya
  6. Tutup sebentar sekitar 10-15 menit
  7. Angkat lalu tiriskan


Untuk topping
  1. Saya pake adonan saos pasta buat bikin spagetti 
  2. Daging (saya masak daging cincang sama bawang bombay & bumbu kari. Bisa juga daging ditumis bombay dikasih gula dan garam juga udah enak. Nanti kan dicampur bahan2 pizza lainnya)
  3. Kasih paprika dan bombay yg udah diiris tipis dan susun diatas rotinya
  4. Letakkan keju slice merek bega atau Kraft
  5. Pakai basil atau oregano (optional)
  6. Dihidangkan pakai saos sambal pedas

Beres dech tinggal panggang sebentar pake happy call, api kecil, selama 15 menit aja.Nanti dicek kalau sudah mengembang dan kecoklatan, bisa langsung diangkat...Rasanya juga enak, nggak kalah sama Pizza di restauran koq hehe


Keju HALAL merek BEGA

Pizza dipanggang di dalam pan Happy Call

4 komentar:

  1. Makasih resepnya ka. Ntar mau nyoba ah, kalau dah punya happy call :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kalau punya oven yang ditaruh diatas kompor lebih mantap lagi itu yan..Semoga sukses ya yan..^_^

      Hapus
  2. kalau tepung2an dari korea itu apakah halal semua?

    BalasHapus
  3. Salam kenal mbak :) Bega itu juga favoritku pas masih di Sydney :) aku dapat info klo Bega halal, dr salah satu web yg khusus memberi daftar produk halal di Aussie (keju, tepung, dll). Aku mampir kemari hasil dr browsing resep pizza happy call, lho ;) rencana minggu ini mo beli HC :)

    BalasHapus

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...